Pendidikan Lingkungan Hidup dalam Masa Pandemi

Click here for English

Sebelum pandemi melanda, kegiatan pendidikan lingkungan untuk Anak Sebangau yang dilaksanakan Borneo Nature Foundation (BNF) dilakukan di luar ruangan. Dalam kegiatan tersebut, anak-anak belajar sambil bermain dengan tema-tema lingkungan yang sudah disiapkan. Namun, pandemi telah mengubah banyak hal. Untuk menyiasatinya, Tim Edukasi BNF mengubah kegiatan luar ruang tersebut melalui strategi paket mingguan.

Pada masa pandemi  ini, kami tim edukasi BNF menyusun dan menyiapkan paket mingguan untuk anak-anak yang didistribusikan dengan mengunjungi rumah anak satu demi satu sekaligus mempererat hubungan yang baik dengan Anak Sebangau dan keluarganya.  Setiap minggunya kami mempersiapkan dua kontainer yang berisi lembar tugas dan buah.

Saat matahari berada di atas kepala Tim Edukasi BNF menuju Keluarahan Kereng Bangkirai, Kota Palangka Raya, tempat kegiatan Anak Sebangau biasa dilaksanakan. Biasanya kami menghabiskan waktu kurang lebih 3,5 jam untuk berkeliling rumah anak-anak dengan membawa kontainer, mulai dari rumah anak yang dipinggir jalan, masuk ke dalam gang yang sempit, sampai meniti jembatan kayu menuju perumahan di pinggir Sungai Sebangau. Tidak hanya memberikan paket mingguan, kami juga meluangkan waktu untuk berbincang dengan anak-anak, menanyakan bagaimana kegiatan selama belajar jarak jauh? Bagaimana perasaan mereka selama ini? Bagaimana dengan tugas yang diberikan? Mau buah apa untuk minggu depan?

Sembari duduk di depan rumah anak-anak dengan jarak dan memakai masker, terkadang kami juga mendapatkan kesempatan untuk berbincang dengan orangtua dari Anak Sebangau yang kebanyakan adalah ibu rumah tangga (sementara bapak-bapak mereka bekerja).

Salah satu orangtua Anak Sebangau (Rifandi), mengatakan beliau senang dengan kegiatan paket mingguan ini. Dari kegiatan tersebut, anak-anak mendapatkan tugas beragam yang menyenangkan, seperti cut and glue, teka-teki silang, mewarnai, cerita tentang binatang dan lainnya. Orangtua dari Aini mengatakan kegiatan ini menambah wawasan anaknya terhadap lingkungan, hutan Sebangau dan keanekaragaman hayati di dalamnya yang sebelumnya dia tidak tahu, beberapa orangtua ikut mendampingi anak mereka dalam mengerjakan lembar kerja yang diberikan. Bahkan, beberapa anak sekitar rumah Anak Sebangau tertarik untuk ikut bergabung dan mendapatkan paket mingguan,  jumlah anak yang mendapatkan paket mingguan hampir sama dengan ketika kami melakukan kegiatan reguler Anak Sebangau.

Selama enam bulan kami melakukan kegiatan membagikan dan mengambil paket mingguan untuk Anak Sebangau, beberapa anak menanyakan kapan kegiatan reguler akan dilaksanakan kembali, mereka rindu bermain dan belajar bersama, kami pun menjawab tidak dapat memastikan kapan sampai pandemi berakhir. Kami pun rindu untuk mengajar di area terbuka bersama anak-anak, melakukan field trip ke hutan tanpa harus menjaga jarak dan menggunakan masker. Kami berharap pandemi segera berakhir dan kegiatan reguler di luar ruangan bersama anak-anak dapat dilakukan kembali.



Ditulis oleh Petricia A. Hutasoit, Staf Edukasi BNF

Share